September 19, 2009

Seting Internet Telkomsel Unlimited dengan Ponsel Nokia 95

Postingan kali ini membahas tentang seting koneksi internet di laptop dengan ponsel anda dan kartu telkomsel flash unlmited.

Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih untuk pak jito (rekan kerja) yang sudah memberikan kesmpatan untuk mencoba karu perdananya. semoga langkah yang saya lakukan adalah benar, kalo salah dan ada biaya dibelakang. itu urusan anda ya.. :)



Ok ceritanya seperti ini, sekarang pada menjamur yang namnya internetan pakai Modem Flash. Nah operator yang sering digunakan/dibincangkan saat ini adalah : Telkomsel yang memberikan 3 pilihan dalam hal urusan koneksinya dengan internet. ( selengkapnya baca yang bawah). Akhirnya saya memilih paket yang unlimited dan berhubung dari pihak telkomsel menjalin kerja sama dengan tempat saya bekerja, biaya yang saya keluarkan satu bulannya adalah 100 ribu saja :). dan dalam 2/3 hari saya sudah bisa menggunakannya untuk browsing.

Sebagai catatan, sebelum anda menggunakannya, sebaiknya anda menghubungi 111 dari kartu yang anda peroleh dan tanyakan apa sudah aktif fitur flash nya

Yang menjadikan masalah kali ini adalah :
  1. Apakah kalo memakai ponsel, kecepatannya akan menurun?
  2. Apakah cukup dengan mengaanti APN ke Internet sudah Aman dari pembengkakan tagihan?
  3. Apakah Ponsel awet?
Dari 3 Masalah yang muncul, akhirnya saya sendiri mencarinya di situs terkain (telkomsel) dan mendapatkan pemberitahuan yang puanjang x lebar ketemu LUAS :p seperti yang akan anda baca dibawah ini.

Dari pengalaman ;
  1. Kecepatan, ya lumayan saja untuk sebuah memerlukan waktu 1-2 Menit, memang sedikit berbeda dengan saat menggunakan Modem USB.
  2. Saat seting koneksi internet dengan PC suite (saya menggukan Nokia N95 klasik) Setingan dipilih yang manual saja, jangan yang wizard kemudian APN (access point name) nya diisi internet, jangan flash -jika flash fitur unlimited anda tidak akan berfungsi, jadi percuma malahan anda akan dikenakan biaya tambahan yang cukup besar jika anda senang download film :).
  3. Ponselnya tetep awet kok, cuma saran saya sewaktu anda ingin browsing dengan modem yg disambungkan ke PC. sebaiknya gunakan baterai yang sudah rada boros saja, dan anda charge ponsel anda, kalo baterainya baru, akan cepat rusak (prosedur penggunaan ponsel yang baik.)

Yang dibawah ini adalah FAQs dari websitenya Telkomsel/faqs, (malas mau ngerinci lagi)
  1. Apa yang dimaksud dengan Akses Internet Menggunakan jaringan data TELKOMSEL (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) atau TELKOMSELFlash ?

Akses internet dengan Menggunakan jaringan data TELKOMSEL (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) adalah layanan akses internet tanpa kabel melalui PC/LAPTOP dengan menggunakan modem, ponsel ataupun router. Kecepatan akses akan sangat bergantung dari tipe jaringan yang diperoleh (GPSR/EDGE/3G/HSDPA) pada saat koneksi internet dilakukan.

  1. Apakah HSDPA ? Apa bedanya dengan 3G ?

High Speed Downlink Access (HSDPA) adalah evolusi teknologi 3G yang juga dikenal dengan 3.5G. Dengan teknologi HSDPA, pengguna akan memungkinkan untuk melakukan transfer data (download) yang lebih cepat dari pada 3G. Secara teori kecepatan maksimum HSDPA umumnya (saat ini di jaringan TELKOMSEL) yang dapat diperoleh adalah 3.2 Mbps sampai dengan 3.6 Mbps, sedangkan 3G yang berbasis UMTS hanya mempu memberikan kecepatan maksimum sebesar 384 Kbps.

  1. Apa saja yang dibutuhkan untuk mengakses Internet Menggunakan jaringan data TELKOMSEL (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) atau TELKOMSELFlash ?
    • Menjadi pelanggan TELKOMSEL, Kartu As, simPATI ataupun kartuHALO dengan simcard yang telah didaftarkan (provisioning) menjadi pengguna TELKOMSELFlash. Caranya : ketik FLASH dan kirim ke 3636;
    • Mempunyai pernagkat modem USB, PCMCIA, Ponsel dengan kemampuan (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) ataupun ROUTER yang mendukung jaringan 3G/HSDPA;
    • PC/LAPTOP
  1. Perangkat apa saja yang bisa digunakan untuk mengakses Internet dengan Menggunakan jaringan data TELKOMSEL (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) atau TELKOMSELFlash ?
    • Modem USB
    • Modem PCMCIA
    • Handphone dengan kemampuan (GPRS/EDGE/3G/HSDPA)
    • Router dengan kemampuan (3G/HSDPA)
  1. Apakah benar handphone dengan kemampuan GPRS/EDGE/3G/HSDPA dapat digunakan untuk mengakses internet Menggunakan jaringan data TELKOMSEL (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) atau TELKOMSELFlash ?

Pada dasarnya setiap handphone dengan kemampuan (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) merupakan modem yang dapat digunakan untuk mengakses internet di jaringan data TELKOMSEL (TELKOMSELFlash). Cara paling mudah untuk menggunakan handphone sebagai modem adalah dengan menggunakan bantuan software PC yang diberikan setiap pembelian handphone dengan kemampuan (GPRS/EDGE/3G/HSDPA), selanjutnya handphone tersebut tinggal dihubungkan dengan PC/LAPTOP (kabel USB atau[un Bluetooth). Jangan lupa untuk melakukan konfigurasi manual pada PC Software tersebut, masukan parameter Access Point Name (APN) dengan flash.

  1. Dimana saja kita dapat mengakses internet dengan Menggunakan jaringan data TELKOMSEL (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) atau TELKOMSELFlash ?

Saat ini, akses internet dengan menggunakan TELKOMSELFlash bisa dilakukan di semua jaringan data TELKOMSEL.

  1. Bagaimana saya tahu bahwa saya sedang menggunakan GPRS/EDGE/3G/HSDPA ?


Indikator jaringan dapat dilihat pada masing-masing perangkat yang digunakan untuk mengakses interntet. Perangkat seperti modem USB. Modem PCMCIA pada umumnya menggunakan instilah GPRS, EDGE, UMTS (3G) dan HSDPA. Perangkat seperti handphone biasanya menggunakan istilah G (GPRS), E (EDGE), 3G (UMTS) dan HS/3.5G (HSDPA). Kekuatan sinyal juga pada umumnya diperlihatkan sebagai salah satu ukuran kualitas jaringan yang didapat.

  1. Berapa kecepatan yang dapat diperoleh ketika mengakses internet Menggunakan jaringan data TELKOMSEL (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) atau TELKOMSELFlash ?

Kecepatan akses yang bisa diperoleh akan bergantung kepada teknologi jaringan di sekitar dan jarak/kondisi lingkungan. Sebagai gambaran, kecepatan maksimum (teoritis) yang dapat diperoleh adalah :

    • HSDPA (3.5G) sampai dengan 3.2 Mbps
    • 3G/UMTS sampai dengan 384 Kbps
    • GPRS/EDGE sampai dengan 115 Kbps
  1. Koneksi yang saya dapatkan sangat jauh dari 3.2 Mbps, mengapa hal ini bisa terjadi ?

Kecepatan koneksi yang diperoleh akan sangat bergantung kepada :

    • COVERAGE, kecepatan maksimum tertinggi dapat diperoleh bila kita berada pada coverage HSDPA.
    • KUALITAS JARINGAN, jarak dan interferensi dari kita ke NODE-B (istilah untuk BTS 3G) mempengaruhi kualitas jaringan yang akan kita dapatkan. Semakin jauh dan semakin banyak interferensi (misal di dalam gedung dengan dinding beton yang sangat tebal) yang kita dapat, semakin berkurang kecepatan akses yang akan kita dapatkan.
    • BANYAKNYA ORANG YANG TERKONEKSI PADA SAAT BERSAMAAN, semakin banyak orang mengakses pada saat yang bersamaan, semakin berkurang kecepatan akses yang bisa dinikmati. Hal ini terjadi karena teknologi jaringan data (khususnya 3G dan HSDPA) merupkan sistem bandwidht shared, sehingga bandwidth akan dibagi rata dengan pengguna lain yang ikut juga mengakses.
    • TIPE & VOLUME DATA YANG DIAKSES, kecepatan maksimum hanya akan bisa dicapai jika kita melakukan koneksi FTP (file transfer protocol) atau melakukan download data/file/streaming dengan volume yang sangat besar (maksimal). Jika kita hanya melakukan browsing ringan (HTTP), kemungkinan besar kita tidak memperoleh kecepatan maksimum karena memang tidak diperlukan kecepatan tinggi untuk melakukan HTTP.
  1. Apa yang harus saya lakukan untuk kembali ke jaringan terbaik (3G/HSDPA) ketika saya diturunkan ke jaringan GPSR/EDGE pada saat koneksi internet saya masih berlangsung ?
Semua perangkan pada umumnya akan secara otomatis mencari jaringan tertinggi (terbaik). Untuk mendaptkan kembali jaringan 3G/HSDPA, kita harus pindah ke area yang mendukung jaringan 3G/HSDPA.


Labels: , , ,

1 Comments:

At November 15, 2009 at 6:54 PM , Anonymous agus said...

ok dech

 

Post a Comment

Mau Komentar apa? silahkan gratis kok dan itu saya anggap sebagai penghargaan anda terhadap gerakan jari-jari ini.

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home