June 7, 2007

Klik Kanan Show Hidden Files

"i dont know another site or blog, maybe was write in their blog or site.."
just to rewrite my trick...
[aku merasa belum pernah menulis artikel ini dimanapun, jika anda merasa sudah pernah membacanya anggap saja, anda adalah pembaca yang terlambat dan tidak membaca dari sumbernya secara langsung disini..
www.pututx.blogspot.com]

Pada awalnya saya kurang yakin ingin menulis hal ini atau tidak... [maklum newbie]
namun setelah dipikir-pikir tidak ada salahnya lagian juga dikantor tempat saya bekerja selalu mengalami masalah yang sama setiap saat dan tenaga saya juga terbatas, demikian pula waktu yang saya miliki, untuk yang sudah mengetahui hal ini saya ucapkan terimakasih karena sudah meluangkan waktu untuk membacanya ulang, namun saya yakin baru kali ini saya menulisnya..

ceritanya begini, banyak kompie di office gue yang sering kena virus, padahal :
- gak telat-telatnya rutin update databasenya
- dah pake deepfreeze buat bekukan hardisk (mau buat es hardisk ... hee..)
- gak kurang-kurang ngasih tau kalo mau masukkan data mesti di scan dulu
btw, yang namanya orang, ada yang tau tentang komputer ada juga yang cuma asal pake doank . . . so . . komputer ditinggal 1 minggu libur pulang kampung, pas balik kerja . . . dah ada "REUNI VIRUS" di kompie gue

dah.... alamat bakalan repot ntar, E" gak salah dech.
mulai dari jam 8 pagi sampek sore mulai deh jadi "virus exterminator" ato pembasmi virus..

belum selesai bersih-bersih... "hape ku teriak-teriak" [angkat mas..-ada telpon nih..] gitu nada panggil q,
"mas.... komputer yang habis di bersihkan sama mas, file-nya kok hilang semua"
"ya pak, bentar ini juga lagi repot di lantai 3 [tadi dari lantai 1 truz ke lantai 2.. truss..]

usut punya usut ternyata setelah dianalisis file tersebut disembunyikan oleh virus.
dah coba cari cara mulai dari yang pake MS-DOS [padahal gua paling males kalo liat tampilan item-item semua satu layar....]

setelah "ngubrek-ngubrek dunia maya" sempet ndapetin tool yang sebenernya bukan untuk "hal yang akan saya bahas ini", namun setelah mancari lagi akhirnya menemukan cara untuk menggabungkan 2 [dua] tools ini sehingga dapat menjadi tools yang lumayan "TOKCER" ato basa arabnya mujarabe'k :) heee...

Tools ini adalah Attribute Changer 5.23 website: www.petges.com.
- tools ini berukuran kurang dari 1 mega, sehingga proses download kurang dari 1menit [average]
- fungsi utamanya adalah mengatur Properti dari sebuah folder/file pada menu klik kanan-nya.

Tools kedua adalah Treesize Professional website: www.Jam-software.com/treesize
- Ukurannya 904 Kb Download cukup cepat.
- Fungsi Utamanya : Managemen hardisk anda, dengan tools kecil ini 2 klik saja bisa menampilkan semua file yang ada di komputer anda lengkap dengan ukuran file, attribute, persentase dengan kapasitas hardisk, export hasil scan data ke EXCEL, TXT, dll[pokoknya luengkap.... deh pusing gua jelasin juga... rada males... heeee...]

saya sudah menyiapkan PDF untuk proses penggabungan kedua File ini alamat download masih disiapkan (jadi terus liat ya.. mungkin 2 hari kedepan)

"ringkesan cara kerjanya gini:
- sebuah file/folder yang apabila dilihat dengan Windows Explorer tidak nampak, namun jika folder tersebut setelah diklik kanan dan menggunakan tools ke-2 [Treesize Professional] akan tampak semua file/folder yang sudah disembunyikan oleh virus...
- nah pada file/folder yang hilang [setelah masuk pada jendela Treesize] di klik kanan pada option paling bawah akan muncul Change Attribut ......
- nah disinilah kerja bareng kedua file ini berfungsi. setelah anda klik Change Attribut .....
akan muncul jendela Change Attribut ......[tentunya anda sudah menginstal tools pertama yakni : Attribute Changer 5.23]

anda tinggal menghilangkan centang (V) pada pilihan "Hidden" lalu pilih SAVE ato APPLY... lalu pilih OK.
sekarang kembali ke Explorer anda [simsalabim....file anda akan nonggol]

duh lega banget kalo sudah bisa bikin duet freeware kaya gini...

oya tambahan :
- Cara setting dalam bentuk PDF dari saya belum pernah saya publikasikan ke blog/site yang laen. Saya hanya menguploadnya di Halaman ini ato DI Sini [Esnips.com] keyword : thenmustputut
- Tools kedua Treesize Professional [904 Kb] cukup kecil jadi anda dapat menbawanya dengan flashdisk anda, jika anda pergi ke warnet, biasanya ada pake Explorer untuk melihat isi hardisk warnet tersebut... [saya dulu juga sering menghabiskan waktu diwarnet malah untuk melihat isi hardisk bukan untuk browsing....]
- Jika anda menggunakan tools ini, anda cukup jalankan freeware ini [Treesize] maka : seluruh file yang ada diwarnet siap anda Explorer seluruhnya.
bener-bener "ngebantuin" gue

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Mau Komentar apa? silahkan gratis kok dan itu saya anggap sebagai penghargaan anda terhadap gerakan jari-jari ini.

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home