November 24, 2008

Meditasi, Agama dan anda..

Yoga, bicara satu hal yang satu ini, mungkin pikiran kita akan terbawa pada kegiatan : diam, tenang, senam, dan tubuh. Hm.. memang YOga unik untuk di bahas, mulai dari jenis dan manfaatnya untuk anda.

Ada banyak jenis dari meditasi yang di bisa ditemukan di dalam dunia ini, banyak manfaat dan pola-pola yang bisa kita coba dengan mudah dan tak memerlukan panduan dari orang lain. Cukup anda sendiri yang membaca dan segera lalukan.



Mungkin ada yang bilang yoga merupakan olah tubuh dan nafas, seperti misalnya menekuk-nekuk tubuh atau melipat-lipat tubuh. Kalau benar begitu, itu hanya salah satu jenis yoga saja, Namanya "hatha yoga". Hatha yoga ini barulah pada tahap paling dasar dari tahap-tahap yoga selanjutnya.

Tujuan hatha yoga ini adalah membentuk tubuh yang sehat dan pikiran yang bersih. Tahap selanjutnya setelah hatha yoga ini adalah yoga yang berupa tehnik-tehnik meditasi.Secara umum garis besarnya dari yoga adalah: Setelah mendapatkan kebugaran tubuh dan pikiran yang bersih melalui hatha yoga ini, barulah seseorang belajar tahap-tahap yoga selanjutnya yaitu meditasi-meditasi. Sebab tanpa kebugaran tubuh dan pikiran yang bersih, mana mampu seorang yogi atau biasa disebut pertapa hindu duduk meditasi berjam-jam lamanya ?

Banyak yang mengira kalau "hatha yoga" adalah keseluruhan yoga dalam hindu, padahal itu baru cuman tahap dasarnya aja. Lalu apakah saat kita ingin belajar meditasi ini, apakah harus masuk agama ini (hindu*-red),?? tidak..!!! setelah saya beberapa kali menanyakan kepada sumber yg memang bisa memberikan pengetahuan tentang hal ini (Yoga), tenyata bisa dilakukan oleh siapa saja. Apalagi jika anda orang Islam, maka sudah ada dari dulu meditasi yang juga tujuannya sama.

Apa hubungannya yoga sama agama ? ya jelas kalau yoga & meditasi itu adalah salah satu jalan menuju tuhan di dalam ajaran hindu, disebut raja yoga (raja marga)sama kaya meditasi dalam buddha (contohnya) tapi kalau mau belajar ya silahkan aja, nggak usah pake pindah agama.

Saya sendiri tak begitu suka dengan penjelasan yang "mbulet" :p
yang penting saat saya ingin bermeditasi, saya tenangkan diri, menata hati dan ruang tubuh lalu dengan sendirinya akan masuk kedalam space dimana hanya ada ketenangan.

Setelah beberapa saat search di google, saya menemukan beberapa atikel yang berkaitan dengan meditasi barangkali bermafaat untuk anda :

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Mau Komentar apa? silahkan gratis kok dan itu saya anggap sebagai penghargaan anda terhadap gerakan jari-jari ini.

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home