July 12, 2008

Virus Pada Symbian - Virus Handpone Nokia

Disela-sela kesibukan Seminar, 2 Hari ini mulai bertarung kembali dengan Virus, belum selesai virus dikomputer, Ponsel kesayangan pun ikut-ikutan rewel, hal ini terjadi setelah mengirimkan file pada ponsel teman melalui bluetooth.

Virus memang merupakan suatu hal yang dibenci, baik di lingkungan nyata(penyakit) maupun di lingkungan maya(program komputer). Pada handphone, virus juga sangat menyebalkan. Selain bikin handphone lambat, juga bikin handphone error bahkan rusak.

Dari pengalaman saya sendiri.
Setelah mengirimkan File melalui bluetooth, (selesai, file sudah terkirim dengan baik), selang beberapa detik, kemudian ada permintaan konfirmasi "apakah mau menerima file dari ponsel yang kita kirimi tadi. Contohnya begini :
  • Saya kirimkan file ke handphone yang bluetoothnya bernama "Then-biru".
  • Setelah file terkirim, maka saya akan menerima konfirmasi, "accepted connection from then-biru" (kurang lebih gitu:) padahal HP milik then-biru tidak mengirimkan file apapun.(dalam kasus ini, dilihat secara umum saja sudah terlihat Hp mengalami gangguan yang bisa disebabkan salahsatunya oleh virus)
Pada awalnya saya analisa secara manual:

Saya masuk ke system ponsel C: dengan menggunakan FExplorer atau SeleQ, pada C://system/App dan juga MMC anda E://system/App terdapat file Exe (namanya bisa macam2, tergantung jenis Virusnya). Saya coba delete dan hasilnya TIDAK BISA :) Jelas saja, pasti si pembuat virus sudah merencanakan bahwa file ini juga akan aktif pada task dan process handphone maka tidak akan bisa di delete ...hee.. (jalan yg saya tempuh adalah Format HP)

Kemudian untuk MMC juga saya lakukan hal yang sama, namun tidak dengan memFormat MMCnya, sayang kan applikasinya jadi rusak (meski sebenernya bisa dicopy ke PC), dengan proses copy applikasi ke PC juga memFormat MMC akan membutuhkan waktu yg lama.
Jalan yang saya tempuh adalah dengan Scan MMC dengan bantuan Komputer mengunakan AVast Ativirus (versi Demonya bisa anda download dengan gratis)


Hal-hal yang bisa anda lakukan adalah :
  • Jika setelah anda membaca artikel ini, MAKA JANGAN menerima file setelah anda mengirimkan file, terlebih orang yg anda kirimi tidak memgirimkan file.
  • Jika anda sudah teranjur menerima, (seperti kasus yg terjadi pada saya,karena yg pegang adalah teman saya,jadi tidak tahu), maka segera masuk ke pesan/message lalu HAPUS jangan dibuka, pada kasus ini, file yg saya terima adalah sex.mp3, secara umum, pasti kita akan tertarik untuk membukanya bukan? inilah cara yg digunakan oleh pembuat virus, hebat bukan, memanfaatkan sisi-sisi yg banyak orang cari :p
  • Jika sudah didelete, masih ada kemungkinan HP anda masih terjangkit virus, akan lebih baik jika anda :
    1. Instal antivirus pada ponsel anda, slah satunya (dari sekian banyak antivirus ponsel) bisa anda gunakan aViRaX 2008 Antivirus. (download lalu ekstrak dengan winrar/sejenisnya *pada komputer) lalu cari file berekstensi *.sis itulah yg anda butuhkan.
    2. FORMAT ulang ponsel anda pada ponsel Nokia Phone Setting - General - Restore original /pengaturan telepon-umum-kembali ke awal, apabila ribet, bisa anda gunakan kode *#7370# (RESET code, standart untuk Ponsel Nokia (kode2 yg lain baca Disini). sebagai catatan : daftar telepon anda akan hilang, untuk membackupnya bisa anda gunakan applikasi BACKUP CONTACT Disini
    3. Jika anda masih mengalami masalah (seperti masih ada gejala2 terkena virus, maka saya sarankan anda Scan MMC anda pada Komputer, dari beberapa sumber, AVG8, Antivir dll tidak mendeteksi virus ini, Saya mencoba AVAST)

Dari pengalaman saya dengan antivirus HP, saya tertarik dengan kerja AViraX.

Kelebihannya:
Pertama, adalah kita bisa mengatur message guard (setiap pesan yang masuk ataupun keluar di scan dulu) dan MMC guard (setiap MMC yang dimasukan di scan terlebih dahulu).
Kedua, proses update mudah. Setelah di update program ini dapat jalan otomatis setelah startup.
Ketiga,
jenis virus yang bisa di scan lebih banyak dan cukup lengkap untuk melindungi handphone kita. Memory yg digunakan cukup kecil jadi tidak terlalu mengganggu kinerja handphone.
Keempat, buktikan sendiri peranannya.

Demikian semoga apa yang saya sampaikan ini sedikit bisa membantu rekan-rekan yang mengalami masalah dengan ponselnya terutama bersystem Symbian.
*ada comment, masukan, saran, ide... saya terima dengan senang hati!!

Labels: , , , , ,

4 Comments:

At August 31, 2008 at 6:48 AM , Anonymous Cashuri said...

Mas, saya udah dwnlot Avirax nya. Tapi gmana cara ngapdetnya, saya udah coba tapi hasilnya hp 6600 saya sistemnya jadi rusak hp hang.

 
At September 1, 2008 at 1:24 PM , Anonymous then said...

saya juga ada HP 6600, tidak masalah ketika saya instal AviraX, malah ada beberapa file yang dianggap virus, SEKARANG jadi tambah lancar...

Dicek dulu mas, kalo pake MMC, coba:
1. anda Uninstal/remove applikasi tersebut..
2. jika masih rewel, coba anda lepas MMC anda, dan hidupkan HP tanpa MMC, jika masih ada masalah, silahkan konsultasikan dengan kami..

 
At September 4, 2008 at 12:02 PM , Anonymous Cashuri said...

Saya sudah pasang di HP saya memang nggak ada masalah. tapi ketika saya coba update, sistemnya jadi rusak. Jadi apa nggak perlu di update ya?

 
At September 4, 2008 at 12:07 PM , Anonymous Anonymous said...

Mas avirax bisa untuk semua jenis virus ya, jadi nggak perlu pasang antivirus yang lain kan? Soalnya kan ada banyak software antivirus yang digunakan hanya untuk jenis virus tertentu.

 

Post a Comment

Mau Komentar apa? silahkan gratis kok dan itu saya anggap sebagai penghargaan anda terhadap gerakan jari-jari ini.

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home